Berisi berita yang masih baru,teraktual,terupdate,dan terpercaya dari berbagai macam sumber

Tak Bisa Dipisahkan, Inilah 6 Barang yang Begitu Melekat dengan Anak Santri

Tak Bisa Dipisahkan, Inilah 6 Barang yang Begitu Melekat dengan Anak Santri

Tepat pada hari Senin, 22 Oktober 2018 kemarin diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Banyak dari pondok pesantren pun ikut merayakannya dengan berbagai macam kegiatan positif. Sama seperti halnya anak SMA dan anak kuliahan, anak santri pun memilki ciri khas tersendiri yang sudah sangat melekat. Penampilannya yang khas menciptakan pandangan bahwa anak santri adalah sosok yang paham lebih dalam soal agama.
Karena ilmu agama yang diajarkan sangatlah disiplin dan mendalam, jadi tak heran jika banyak orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke pondok pesantren. Walaupun sedikit berat hidup jauh dari rumah, namun banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan saat menjadi anak santri. Penampilan yang sederhana dan menjunjung tinggi persaudaraan yang erat adalah image dari anak santri. Selain itu, ada beberapa ciri khas yang tak bisa dipisahkan dari anak santri. Apa saja ya?
1 - Baju koko
Baju koko
Baju koko pakaian ciri khas anak santri via Jateng.tribunnews.com
Jika pada umumnya orang-orang akan menggunakan baju koko hanya pada salat atau lebaran saja, tidak dengan anak-anak santri yang menggunakan baju koko sebagai baju sehari-hari. Bahkan mungkin mereka hampir tak pernah menggunakan baju lain selain baju koko, terutama di area pondok pesantren.
2 - Peci
Peci
Peci via Ceramahmotivasi.com
Tak hanya sekadar dipakai untuk salat saja, peci juga menjadi bagian aksesoris ibadah yang tak bisa dilepaskan dari anak santri. Peci baru akan dilepas saat mau tidur atau ke kamar mandi saja.
3 - Sarung
Sarung
Sarung via memecomicsantri.blogspot.com
Walaupun beberapa anak santri banyak yang menggunakan celana hitam gantung, tetapi pada dasarnya mereka lebih sering mengenakan sarung di area pondok pesantren. Alasannya karena sarung mudah dilepas dan bisa dijadikan sebagai selimut.
4 - Sandal jepit
Sandal jepit
Sandal jepit topupdatestatus.blogspot.com
Hampir tak ada sepertinya anak santri menggunakan sepatu sneaker hypebeast dia lingkungan pondok pesantren. Pasti hampir semuanya menggunakan sandal jepit sebagai alas kaki. Tak jarang juga mereka menggunakan sandal jepit yang beda sebelah.
5 - Pensil/pulpen dan buku
Sama seperti murid-murid sekolah pada umumnya, anak santri juga selalu membawa pulpen/pensil dan buku untuk mencatat segala pelajaran yang diberikan oleh ustaz. Namun bedanya, anak santri lebih memilih menenteng buku dibanding membawanya dalam tas.
6 - Kitab arab gundul
Kitab arab gundul
Buku arab gundul via Muslim.or
Benda terakhir yang tak bisa lepas dari anak santri adalah buku pelajaran. Bukan fisika atau pun kimia, buku pelajaran yang sering dibawa-bawa anak santri adalah buku dengan berbahasa arab gundul.
Berbagai macam kegiatan yang hanya ditemukan di pesantren tentu memberikan kesan tersendiri bagi kehidupan anak santri. Dari yang tadinya malas bangun pagi, jadi bisa bangun subuh. Dari yang tadinya sering nongkrong-nongkrong gak jelas, jadi bisa memanfaatkan waktu malam dengan tadarusan.
Buat kamu yang pernah merasakan serunya jadi anak pesantren, momen apa saja yang paling kalian ingat?

0 Comment for "Tak Bisa Dipisahkan, Inilah 6 Barang yang Begitu Melekat dengan Anak Santri"

Back To Top