Berisi berita yang masih baru,teraktual,terupdate,dan terpercaya dari berbagai macam sumber

Anak Kampus Wajib Tahu, Ini 6 Hal yang Nggak Boleh Dilakuin Mahasiswa Sampai Wisuda. Nomor 1 Masih Banyak Dilakuin




Anak Kampus Wajib Tahu, Ini 6 Hal yang Nggak Boleh Dilakuin Mahasiswa Sampai Wisuda!
– Perubahan status dari pelajar menjadi mahasiswa membuat banyak orang jadi mengubah prinsip dan gaya hidupnya.
Kebanyakan mereka mulai berpikir yang nggak-nggak. Masuk kampus jadi ajang untuk terbebas dari seragam sekolah, pekerjaan rumah, jauh dari rumah dan lepas dari pantauan orangtua.
Nggak heran, beberapa calon mahasiswa yang nggak punya persiapan matang malah terjerumus ke arus sosial lingkungan yang belum tentu benar.
Padahal, kampus jadi ajang pembentukan diri kamu sendiri lho! Mau jadi apa setelah 4 atau 5 tahun di sana?
Nah, sebagai anak kampus, udah saatnya kamu tahu beberapa hal yang nggak boleh dilakuin selama menjadi mahasiswa bahkan kalau perlu sampai pakai toga alias wisuda!
  • Jangan Gagal karena Malas
Maksudnya kamu udah sukses masuk PTN/PTS dengan perjuangan keras belajar dan modal yang lumayan banyak. Setelah masuk kampus, jangan sampai kejadian kamu malah jadi orang gagal karena rasa malas yang dibikin sendiri.
Nah, waktu dekat sama bokap nyokap, setidaknya bakal ada orang yang ngebangunin pagi biar kamu nggak telat berangkat sekolah atau ngingetin belajar di kamar.
Bakal berbeda saat kuliah, sob! Yang ngebangun kamu untuk masuk kelas adalah kamu sendiri. Yang nentuin seberapa banyak ngambil SKS pada semester ini, kamu sendiri juga.
Jadi jangan mau gagal karena males-malesan!
  • Jangan Bikin Onar
HAI nggak seratus persen ngelarang kamu untukklubbing lantaran udah masuk usia 18+. Sesekali boleh, sering juga bisa, asalkan bertanggung jawab.
Kamu boleh bersenang-senang karena jauh dari orangtua. Tapi nongkrongnya jangan sampai mengesampingkan perkuliahan.
Udah saatnya kamu ngehandle diri sendiri. Jangan sampai niatan kuliah malah menjerumuskan ke pergaulan bebas yang merusak cita-cita mahasiswa.
  • Jangan Pergi bareng Orang ‘Salah’
Masih nyambung sama ‘jangan bikin onar’ tadi. Kamu juga harus bikin friend circle yang baik. Boleh cari temen dari tempat nongkrongan, tqapi jangan sama orang jahat.
Hal ini juga berlaku saat kamu berada di lingkungan kampus atau di tempat tinggal (kosan).
Jangan salah memilih teman dan pergi bareng mereka kalau kamu masih belom bisa memengaruhi orang alin, alih-alih malah terpengaruh yang lain!
  • Jangan Nggak Peduli Sama Kesehatan
Pengaruh penting mahasiswa dan anak kosan adalah makanan. Kamu bakal sering ketemu tuh sama mie instan, pizza dan makanan-makanan enak tapi juga instan lainnya.
Karena udah jauh dari orangtua, kamu sendiri yang harus peduli sama kesehatan. Jangan sering jajan di pinggir jalan, cari yang murah boleh tapi sehat dan enak diprioritaskan. Jangan minum alkohol, apalagi ngeluapin jadwal olahraga.
Oh ya, jangan sering gituan di dalam kamar juga! Paham kan?
  • Jangan Takut Tantangan
Kehidupan kampus seringnya jauh berbeda dengan kehidupan sekolah. Kamu nggak cuma cukup pintar tapi juga harus berani menghadapi tantangan.
Kalo di sekolah kamu cukup santai nggak ikutan OSIS, di kampus bisa jadi kamu ambil untuk memperluas jaringan. Kamu tantang diri kamu untuk melakukan sesuatu di luar kebiasaan.
Jangan menolak kalau ada yang menyarankan kamu jadi asisten dosen/lab, selain melatih akademis kamu, uang jajan tambahan juga bisa diraih.
  • Jangan Lupain Diri Sendiri
Paham banget deh, kampus bakal ngambil banyak waktu kamu. Ambil mata kuliah, ngerjadin tugas, makalah, kuis, ujian dan sebagainya.
Kamu bisa tidur Cuma 2-3 jam tuh. Nah selain peduli sama kesehatan tubuh, kamu juga mesti nggak ngeluapin diri sendiri, yaitu seduli sama jiwa.
Boleh lho, sesekali kamu pergi liburan, makan enak atau sekadar tidur seharian untuk memgembalikan energi kamu yang hilang.
  • (Bonus) Jangan Lupain Orangtua
Yang terpenting, saat tiba wisuda, kamu jangan lupain orangtua. Telpon sering-sering, minta doa dan jangan lupa undang jauh-jauh hari agar mereka datang di hari wisuda.
Sumber : hai-online 

0 Comment for "Anak Kampus Wajib Tahu, Ini 6 Hal yang Nggak Boleh Dilakuin Mahasiswa Sampai Wisuda. Nomor 1 Masih Banyak Dilakuin"

Back To Top